KISI-KISI SOAL BAHASA KELAS 8
KISI-KISI SOAL
UJIAN SEMESTER GANJIL
T.P. 2017-2018
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII
Kurikulum : K13
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
KELAS
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
LEVEL KOGNITIF
|
NO
SOAL
|
BENTUK SOAL
|
1
|
3.1 Mengidentifikasi unsur-unsur teks berita (membanggakan dan memotivasi)
yang didengar dan dibaca.
|
VIII/1
|
·
Pengertian
berita
· 2 Unsur-unsurberita
(5 W + 1H)
|
1.
Menentukan
pengertian berita
2.
Menentukan
unsur 5W+1H
|
L. 2
|
1
2
|
PG
|
2
|
4.1Menyimpulkan isi dari berita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar.
|
VIII/1
|
· Ringkasan isi berita.
· Penyimpulan isi berita.
· Tanggapan terhadap isi berita
|
1.
Menentukan
ringkasan isi berita
2.
Menentukan
kesimpulan dari sebuah berita
3.
Menentukan
persamaan informasi teks berita
|
L.3
|
3
4
5
|
PG
|
3
|
3.2 Menelaah struktur
dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca
|
VIII/1
|
· Struktur teks berita
· Kaidah-kaidah kebahasaan teks berita.
|
1. Menentukan
struktur teks berita
2.
Menentukan kaidah kebahasaan teks berita
|
L. 1
|
6
7
|
PG
|
|
4.2 Menyajikan data, informasi dalam
bentuk berita secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan (lafal, intonasi, mimik, kinesik).
|
VIII/1
|
1. Pentingnya berita
2. penyampaian berita
3.Penyuntingan berita
|
1.
Menentukan
unsur-unsur dalam menyusun berita
2.
Menentukan
langkah-langkah penyampaian berita
3.
Menentukan
fungsi fakta dalam berita
4.
Menentukan
rangkuman teks iberita
5.
Menentukan
informasi yang ada dalam teks berita
|
|
8
9
10
11
12
|
PG
|
KARTU SOAL
UJIAN SEMESTER GANJIL
T.P. 2017-2018
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
KELAS
|
MATERI
|
NASKAH SOAL
|
NO
Soal
|
KUNCI
|
1
|
3.7 Mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks
puisi yang diperdengarkan atau dibaca
|
VIII/1
|
Unsur-unsur puisi
|
(3) Dan daun-daun pun ikut menari
(4)
Mengikuti alunan lagu
Larik
bermajas pada puisi tersebut terdapat pada nomor ….
A.
(4) C.
(2)
B.
(3) D.
(1)
Bacalah
kutipan puisi berikut!
Setetes
air jatuh dari pelupuk mata
Bergetar
tubuh dalam angan-angan
Kicauan
nyaring seekor burung
Menerobos
dalam keheningan malam
Sambil
menatap sinar sang putri malam
Terbayang
sosok yang tlah tiada
|
1
2
3
|
|
2
|
4.7 Menyimpulkan unsur-unsur
pembangun dan makna teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca
|
VIII/1
|
Fitur
bahasa teks eksemplum
|
|
|
|
3
|
3.8 Menelaah unsur-unsur
pembangun teks puisi (perjuangan, lingkungan hidup, kondisi sosial, dan
lain-lain) yang diperdengarkan atau dibaca
|
VIII/1
|
Membedakan
teks eksemplum dengan teks teks fabel
|
|
|
|
|
4.8
Menyajikan gagasan, perasaan, dan pendapat dalam bentuk teks puisi secara
tulis/lisan dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi
|
|
|
|
|
|
KISI-KISI SOAL
UJIAN SEMESTER GANJIL
T.P. 2017-2018
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII
Kurikulum : K13
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
KELAS
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
LEVEL KOGNITIF
|
NO
SOAL
|
BENTUK SOAL
|
1
|
3.5 Mengidentifikasi informasi teks eksposisi berupa artikel ilmiah
populer dari koran/majalah) yang didengar dan dibaca
|
VIII/1
|
·
Gagasan dan fakta dalam teks eksposisi
·
Pola pengembangan teks eksposisi
|
1.
Memahami
pengertian teks eksposisi
2.
Menentukan
ciri-ciri teks eksposisi
3.
Menentukan
letak gagasan pada teks eksposisi
4.
Menentukan
pola pengembangan pada teks eksposisi
|
L. 2
|
25
26
27
28
|
PG
|
2
|
4.5 Menyimpulkan isi teks eksposisi (artikel
ilmiah populer dari koran dan majalah) yang didengar dan dibaca
|
VIII/1
|
·
Gagasan umum sebagai dasar penyimpulan
isi teks
·
Jenis-jenis paragraf
berdasarkan letak gagasan umum
|
1.
Menentukanngagasan
umum dalam teks eksposisi
2.
Menentukan
jenis pengembangan teks eksposisi
|
L.3
|
29
30
|
PG
|
3
|
3.6 Mengidentifikasi struktur, unsur
kebahasaan, dan aspek lisan dalam teks eksposisi artikel ilmiah populer
(lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang
diperdengarkan atau dibaca
|
VIII/1
|
· Struktur teks eksposisi
· Kaidah kebahasaan teks eksposisi
|
1.
Menentukan
struktur teks eksposisi
2.
Menentukan
kaidah kebahasaan teks eksposisi
|
L. 1
|
31 dan 32
33 dan 34
|
PG
|
|
4.6 Menyajikan gagasan dan pendapat ke dalam
bentuk teks eksposisi artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi
sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) secara lisan dan tertulis dengan
memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan aspek lisan
|
VIII/1
|
·
Langkah-langkah penyajian
teks eksposisi
·
Penyuntingan teks eksposisi
|
1.
Menentukan
langkah-langkah penyajian teks eksposisi
2.
Menentukan
penyuntingan kalimat yang terdapat dalam teks eksposisi
|
|
35
36
|
PG
|
KARTU SOAL
UJIAN SEMESTER GANJIL
T.P. 2017-2018
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
KELAS
|
MATERI
|
NASKAH SOAL
|
NO
Soal
|
KUNCI
|
1
|
3.7 Mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks
puisi yang diperdengarkan atau dibaca
|
VIII/1
|
Unsur-unsur puisi
|
Lingkunganku
Saat
kau tercemar
Kau
memanggilku
Saat
kau mulai kotor
Kau
memanggilku
Tapi
apa dayaku
Tak
tau harus berbuat apa
Hingga
kini
Kau
tetap sama
Memanggilku
dan tak ku hiraukan
Maafkan
perbuatanku
Mengotorimu
Mengacuhkanmu
1.
Tema
puisi tersebut adalah ….
A.
Penyesalan C. Pengharapan
B.
Perpisahan D. Kecintaan
2.
Pada
larik 1 dan 3 menggunakan citraan ….
A.
Pendengaran C. Penciuman
B.
Penglihatan
D. Pencecapan
3.
(1)
Ku senandungkan lagu ini
(2)
Tuk menghibur keresahan hatimu
(3)
Dan daun-daun pun ikut menari
(4)
Mengikuti alunan lagu
Larik
bermajas pada puisi tersebut terdapat pada nomor ….
A.
(4) C.
(2)
B.
(3) D.
(1)
Bacalah
kutipan puisi berikut!
Setetes
air jatuh dari pelupuk mata
Bergetar
tubuh dalam angan-angan
Kicauan
nyaring seekor burung
Menerobos
dalam keheningan malam
Sambil
menatap sinar sang putri malam
Terbayang
sosok yang tlah tiada
|
1
2
3
|
|
2
|
4.7 Menyimpulkan unsur-unsur
pembangun dan makna teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca
|
VIII/1
|
Fitur
bahasa teks eksemplum
|
|
|
|
3
|
3.8 Menelaah unsur-unsur
pembangun teks puisi (perjuangan, lingkungan hidup, kondisi sosial, dan
lain-lain) yang diperdengarkan atau dibaca
|
VIII/1
|
Membedakan
teks eksemplum dengan teks teks fabel
|
|
|
|
|
4.8
Menyajikan gagasan, perasaan, dan pendapat dalam bentuk teks puisi secara
tulis/lisan dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi
|
|
|
|
|
|
KISI-KISI SOAL
UJIAN SEMESTER GANJIL
T.P. 2017-2018
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII
Kurikulum : K13
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
KELAS
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
LEVEL KOGNITIF
|
NO
SOAL
|
BENTUK SOAL
|
1
|
3.5 Mengidentifikasi informasi teks eksposisi berupa artikel ilmiah
populer dari koran/majalah) yang didengar dan dibaca
|
VIII/1
|
·
Gagasan dan fakta dalam teks eksposisi
·
Pola pengembangan teks eksposisi
|
1.
Memahami
pengertian teks eksposisi
2.
Menentukan
ciri-ciri teks eksposisi
3.
Menentukan
letak gagasan pada teks eksposisi
4.
Menentukan
pola pengembangan pada teks eksposisi
|
L. 2
|
25
26
27
28
|
PG
|
2
|
4.5 Menyimpulkan isi teks eksposisi (artikel
ilmiah populer dari koran dan majalah) yang didengar dan dibaca
|
VIII/1
|
·
Gagasan umum sebagai dasar penyimpulan
isi teks
·
Jenis-jenis paragraf
berdasarkan letak gagasan umum
|
1.
Menentukanngagasan
umum dalam teks eksposisi
2.
Menentukan
jenis pengembangan teks eksposisi
|
L.3
|
29
30
|
PG
|
3
|
3.6 Mengidentifikasi struktur, unsur
kebahasaan, dan aspek lisan dalam teks eksposisi artikel ilmiah populer
(lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang
diperdengarkan atau dibaca
|
VIII/1
|
· Struktur teks eksposisi
· Kaidah kebahasaan teks eksposisi
|
1.
Menentukan
struktur teks eksposisi
2.
Menentukan
kaidah kebahasaan teks eksposisi
|
L. 1
|
31 dan 32
33 dan 34
|
PG
|
|
4.6 Menyajikan gagasan dan pendapat ke dalam
bentuk teks eksposisi artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi
sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) secara lisan dan tertulis dengan
memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan aspek lisan
|
VIII/1
|
·
Langkah-langkah penyajian
teks eksposisi
·
Penyuntingan teks eksposisi
|
1.
Menentukan
langkah-langkah penyajian teks eksposisi
2.
Menentukan
penyuntingan kalimat yang terdapat dalam teks eksposisi
|
|
35
36
|
PG
|
KARTU SOAL
UJIAN SEMESTER GANJIL
T.P. 2017-2018
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
KELAS
|
MATERI
|
NASKAH SOAL
|
NO
Soal
|
KUNCI
|
1
|
3.7 Mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks
puisi yang diperdengarkan atau dibaca
|
VIII/1
|
Unsur-unsur puisi
|
Lingkunganku
Saat
kau tercemar
Kau
memanggilku
Saat
kau mulai kotor
Kau
memanggilku
Tapi
apa dayaku
Tak
tau harus berbuat apa
Hingga
kini
Kau
tetap sama
Memanggilku
dan tak ku hiraukan
Maafkan
perbuatanku
Mengotorimu
Mengacuhkanmu
1.
Tema
puisi tersebut adalah ….
A.
Penyesalan C. Pengharapan
B.
Perpisahan D. Kecintaan
2.
Pada
larik 1 dan 3 menggunakan citraan ….
A.
Pendengaran C. Penciuman
B.
Penglihatan
D. Pencecapan
3.
(1)
Ku senandungkan lagu ini
(2)
Tuk menghibur keresahan hatimu
(3)
Dan daun-daun pun ikut menari
(4)
Mengikuti alunan lagu
Larik
bermajas pada puisi tersebut terdapat pada nomor ….
A.
(4) C.
(2)
B.
(3) D.
(1)
Bacalah
kutipan puisi berikut!
Setetes
air jatuh dari pelupuk mata
Bergetar
tubuh dalam angan-angan
Kicauan
nyaring seekor burung
Menerobos
dalam keheningan malam
Sambil
menatap sinar sang putri malam
Terbayang
sosok yang tlah tiada
|
1
2
3
|
|
2
|
4.7 Menyimpulkan unsur-unsur
pembangun dan makna teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca
|
VIII/1
|
Fitur
bahasa teks eksemplum
|
|
|
|
3
|
3.8 Menelaah unsur-unsur
pembangun teks puisi (perjuangan, lingkungan hidup, kondisi sosial, dan
lain-lain) yang diperdengarkan atau dibaca
|
VIII/1
|
Membedakan
teks eksemplum dengan teks teks fabel
|
|
|
|
|
4.8
Menyajikan gagasan, perasaan, dan pendapat dalam bentuk teks puisi secara
tulis/lisan dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi
|
|
|
|
|
|
KISI-KISI SOAL
UJIAN SEMESTER GANJIL
T.P. 2017-2018
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII
Kurikulum : K13
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
KELAS
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
LEVEL KOGNITIF
|
NO
SOAL
|
BENTUK SOAL
|
1
|
3.5 Mengidentifikasi informasi teks eksposisi berupa artikel ilmiah
populer dari koran/majalah) yang didengar dan dibaca
|
VIII/1
|
·
Gagasan dan fakta dalam teks eksposisi
·
Pola pengembangan teks eksposisi
|
1.
Memahami
pengertian teks eksposisi
2.
Menentukan
ciri-ciri teks eksposisi
3.
Menentukan
letak gagasan pada teks eksposisi
4.
Menentukan
pola pengembangan pada teks eksposisi
|
L. 2
|
25
26
27
28
|
PG
|
2
|
4.5 Menyimpulkan isi teks eksposisi (artikel
ilmiah populer dari koran dan majalah) yang didengar dan dibaca
|
VIII/1
|
·
Gagasan umum sebagai dasar penyimpulan
isi teks
·
Jenis-jenis paragraf
berdasarkan letak gagasan umum
|
1.
Menentukanngagasan
umum dalam teks eksposisi
2.
Menentukan
jenis pengembangan teks eksposisi
|
L.3
|
29
30
|
PG
|
3
|
3.6 Mengidentifikasi struktur, unsur
kebahasaan, dan aspek lisan dalam teks eksposisi artikel ilmiah populer
(lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang
diperdengarkan atau dibaca
|
VIII/1
|
· Struktur teks eksposisi
· Kaidah kebahasaan teks eksposisi
|
1.
Menentukan
struktur teks eksposisi
2.
Menentukan
kaidah kebahasaan teks eksposisi
|
L. 1
|
31 dan 32
33 dan 34
|
PG
|
|
4.6 Menyajikan gagasan dan pendapat ke dalam
bentuk teks eksposisi artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi
sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) secara lisan dan tertulis dengan
memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan aspek lisan
|
VIII/1
|
·
Langkah-langkah penyajian
teks eksposisi
·
Penyuntingan teks eksposisi
|
1.
Menentukan
langkah-langkah penyajian teks eksposisi
2.
Menentukan
penyuntingan kalimat yang terdapat dalam teks eksposisi
|
|
35
36
|
PG
|
KARTU SOAL
UJIAN SEMESTER GANJIL
T.P. 2017-2018
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
KELAS
|
MATERI
|
NASKAH SOAL
|
NO
Soal
|
KUNCI
|
1
|
3.7 Mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks
puisi yang diperdengarkan atau dibaca
|
VIII/1
|
Unsur-unsur puisi
|
Lingkunganku
Saat
kau tercemar
Kau
memanggilku
Saat
kau mulai kotor
Kau
memanggilku
Tapi
apa dayaku
Tak
tau harus berbuat apa
Hingga
kini
Kau
tetap sama
Memanggilku
dan tak ku hiraukan
Maafkan
perbuatanku
Mengotorimu
Mengacuhkanmu
1.
Tema
puisi tersebut adalah ….
A.
Penyesalan C. Pengharapan
B.
Perpisahan D. Kecintaan
2.
Pada
larik 1 dan 3 menggunakan citraan ….
A.
Pendengaran C. Penciuman
B.
Penglihatan
D. Pencecapan
3.
(1)
Ku senandungkan lagu ini
(2)
Tuk menghibur keresahan hatimu
(3)
Dan daun-daun pun ikut menari
(4)
Mengikuti alunan lagu
Larik
bermajas pada puisi tersebut terdapat pada nomor ….
A.
(4) C.
(2)
B.
(3) D.
(1)
Bacalah
kutipan puisi berikut!
Setetes
air jatuh dari pelupuk mata
Bergetar
tubuh dalam angan-angan
Kicauan
nyaring seekor burung
Menerobos
dalam keheningan malam
Sambil
menatap sinar sang putri malam
Terbayang
sosok yang tlah tiada
|
1
2
3
|
|
2
|
4.7 Menyimpulkan unsur-unsur
pembangun dan makna teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca
|
VIII/1
|
Fitur
bahasa teks eksemplum
|
|
|
|
3
|
3.8 Menelaah unsur-unsur
pembangun teks puisi (perjuangan, lingkungan hidup, kondisi sosial, dan
lain-lain) yang diperdengarkan atau dibaca
|
VIII/1
|
Membedakan
teks eksemplum dengan teks teks fabel
|
|
|
|
|
4.8
Menyajikan gagasan, perasaan, dan pendapat dalam bentuk teks puisi secara
tulis/lisan dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi
|
|
|
|
|
|
KISI-KISI SOAL
UJIAN SEMESTER GANJIL
T.P. 2017-2018
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII
Kurikulum : K13
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
KELAS
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
LEVEL KOGNITIF
|
NO
SOAL
|
BENTUK SOAL
|
1
|
3.3
Mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat
bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
|
VIII/1
|
1. Pengertian dan
fungsi iklan, slogan, dan poster
2. Unsur-unsur
iklan, slogan, dan poster
|
1. Memahami
pengertian iklan, slogan, dan poster
2. Memahami fungsi iklan
3. Menentukan perbedaan iklan, slogan, dan poster
|
L. 2
|
13 dan 14
15
16
|
PG
|
2
|
4.3 Menyimpulkan
isi iklan, slogan, atau poster (membanggakan dan memotivasi) dari berbagai
sumber
|
VIII/1
|
1. Unsur-unsur pembentuk iklan
2. Menyimpulkan maksud suatu iklan
3. Menceritakan kembali teks iklan
|
1. Menentukan unsur pembangun iklan
2. Menentukan informasi yang terdapat pada iklan
4. Menentukan makna terdapat pada slogan
|
L.3
|
17
18
19
|
PG
|
3
|
3.4 Menelaah pola
penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga
dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
|
VIII/1
|
1. Pola-pola penyajian teks iklan
2. Struktur teks iklan
3. Kaidah kebahasaan teks iklan
|
1. Penulisan
iklan baris yang benar
2.
Jenis-jenis iklan
3.
Menentukan struktur teks iklan
4.
Menentukan kaidah kebahasaan teks iklan (persuasif)
|
L. 1
|
20
21
22
23
|
PG
|
4
|
4.4 Menyajikan
gagasan, pesan, dan ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster secara
lisan dan tulis
|
VIII/1
|
·
Langkah-langkah menulis iklan
|
1. Memahami
langkah-langkah menulis iklan
|
|
24
|
PG
|
KARTU SOAL
UJIAN SEMESTER GANJIL
T.P. 2017-2018
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
KELAS
|
MATERI
|
NASKAH SOAL
|
NO
Soal
|
KUNCI
|
1
|
3.7 Mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks
puisi yang diperdengarkan atau dibaca
|
VIII/1
|
Unsur-unsur puisi
|
Lingkunganku
Saat
kau tercemar
Kau
memanggilku
Saat
kau mulai kotor
Kau
memanggilku
Tapi
apa dayaku
Tak
tau harus berbuat apa
Hingga
kini
Kau
tetap sama
Memanggilku
dan tak ku hiraukan
Maafkan
perbuatanku
Mengotorimu
Mengacuhkanmu
1.
Tema
puisi tersebut adalah ….
A.
Penyesalan C. Pengharapan
B.
Perpisahan D. Kecintaan
2.
Pada
larik 1 dan 3 menggunakan citraan ….
A.
Pendengaran C. Penciuman
B.
Penglihatan
D. Pencecapan
3.
(1)
Ku senandungkan lagu ini
(2)
Tuk menghibur keresahan hatimu
(3)
Dan daun-daun pun ikut menari
(4)
Mengikuti alunan lagu
Larik
bermajas pada puisi tersebut terdapat pada nomor ….
A.
(4) C.
(2)
B.
(3) D.
(1)
Bacalah
kutipan puisi berikut!
Setetes
air jatuh dari pelupuk mata
Bergetar
tubuh dalam angan-angan
Kicauan
nyaring seekor burung
Menerobos
dalam keheningan malam
Sambil
menatap sinar sang putri malam
Terbayang
sosok yang tlah tiada
|
1
2
3
|
|
2
|
4.7 Menyimpulkan unsur-unsur
pembangun dan makna teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca
|
VIII/1
|
Fitur
bahasa teks eksemplum
|
|
|
|
3
|
3.8 Menelaah unsur-unsur
pembangun teks puisi (perjuangan, lingkungan hidup, kondisi sosial, dan
lain-lain) yang diperdengarkan atau dibaca
|
VIII/1
|
Membedakan
teks eksemplum dengan teks teks fabel
|
|
|
|
|
4.8
Menyajikan gagasan, perasaan, dan pendapat dalam bentuk teks puisi secara
tulis/lisan dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi
|
|
|
|
|
|
Komentar
Posting Komentar